Gempa dan Tsunami Palu dan Donggala Sulawesi Tengah

Gempa dan Tsunami Palu dan Donggala Sulawesi Tengah

Gempa Bumi dan Tsunami kembali terjadi di Wilayah Indonesia. Kali ini terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Kota Palu, Donggala dan Sekitarnya. Berdasarkan berita dari berbagai media, gempa yang terjadi berkekuatan 7,4 M. Gempa tersebut juga menyebabkan Tsunami setinggi sekitar 1,5-2 Meter. Getaran gempa juga dirasakan warga di Kota Makasasar. Akibat gempa dan tsunami di palu tersebut, warga menjadi panik untuk menyelamatkan diri.

Korban Gempa Palu dan Donggala

Banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat dari gempa. Korban diperkirakan mencapai jumlah ribuan orang. Jumlah yang sangat besar untuk korban jiwanya. Belum lagi kerugian materil akibat terjadinya gempa tersebut.

Kerusakan Gempa Palu dan Donggala

Berdasarkan berita dari media, dapat dilihat kerugian materil yang diderita diperkirakan sangat besar. Rumah-rumah banyak yang roboh. Begitu juga dengan hotel ada yang roboh juga.  Jalan-jalan menjadi retak dan hancur sehingga harus diperbaiki. Jembatan-jembatan juga banyak roboh dan kerusakan lain-lainnya.  Selain kerusakan yang terjadi, puing-puing dan sampah akibat terjangan gelombang tsunami juga berserakan. Pemerintah mempunyai beban yang cukup berat untuk memulihkan kembali kondisi pasca gempa dan tsunami khusunya di wilayah Kota Palu dan sekitarnya. Info lengkap lainnya bisa baca disini, Gempa Bumi dan Tsunami Sulawesi 2018.

Likuifaksi Palu Donggala 2018

Selain jumlah korban jiwa yang besar serta kerusakan yang terjadi, gempa dan tsunami palu yang terjadi juga memunculkan salah satu fenomena langka yang jarang terjadi yaitu tanah yang bergerak seperti air atau yang disebut Likuifaksi. Dari berbagai video yang tersebar disosial media, dapat dilihat bahwa tanah yang bergerak membawa bangunan dan tumbuh-tumbuhan diatasnya. Tanah tersebut terlihat cair seperti air. Tower pemancar sinyal seluler juga ikut bergerak dibawa oleh tanah tadi. Dari informasi media,bahkan ada dua tempat yang bisa dikatakan tenggelam dan hilang rata dengan tanah akibat fenomena likuifaksi tersebut yaitu Kelurahan Petobo dan Perumnas Balaroa. Rumah-rumah di kedua tempat tersebut tidak tersisa, tenggelam didalam tanah. Sungguh kejadian yang mengerikan. Bagaimana kejadian tanah bergerak dan gelombang tsunami yang terjadi bisa di tonton pada video berikut ini :

Semoga Kota Palu dan wilayah sekitarnya bisa secepatnya pulih kembali pasca gempa dan tsunami yang terjadi. Semoga para korban dan keluarga yang ditinggalkan korban meninggal dunia diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini. Amin.

Sekian info singkat saya tentang Gempa dan Tsunami Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *